+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

February 06, 2008

ActionForm dengan Struts (2)

6:39 AM

Share it Please
Pada artikel sebelumnya tentang membuat ActionForm sederhana dengan Struts saya sudah menjelaskan beberapa komponen file dan langkah langkah secara garis besar yang saya gunakan untuk membuat kolom komentar dengan Struts framework. Anda boleh menggunkana cara pendekatan apa saja tanpa harus mengikuti apa yang saya lakukan. Sebab dalam dunia pemrograman tidak ada metode yang saklek, dalam arti kita bisa memakai berbagai macam metode untuk memperoleh satu hasil yang sama.
Untuk menggenapi apa yang telah saya tulis sebelumnya, berikut saya contohkan script input.jsp yang saya pakai. (Script ini sengaja saya tampilkan dalam bentuk gambar, sebab jika file tersebut saya copy semuanya dalam bentuk tag, maka akan terbaca sebagai karakter tag
html oleh blogger sehingga tidak bisa dipublish. Dengan demikian pembaca tidak dapat meng-copy file ini secara langsung ketika akan membuat program dan harus menulisnya satu persatu. Namun dengan demikian pembaca akan lebih bisa merasakan dengan menulis sendiri daripada meng-copy langsung. Namun jika pembaca menginginkan source-nya, bisa diunduh di http://struts.apache.org/).
Sedangkan untuk file hasil.jsp adalah sebagai berikut:
Untuk tampilan dari tag input.jsp dan hasil.jsp bisa dilihat diartikel sebelumnya.
Terakhir, yang tidak boleh terlupakan adalah file konfigurasi struts-config.xml. Kita bisa mengedit file struts-config.xml dengan beberapa tool seperti struts-config.xml Editor, Struts Console dan atau XML-Editor pada plugin Eclipse yang telah kita pasang. Jika pembaca belum memasang plugin-plugin tersebut bisa dibaca pada artikel sebelum sebelumnya tentang memasang plugin-plugin tersebut pada Eclipse, atau mencari alternatif lain dengan cara searching di mesin pencari.

Saya akan menjelaskan secara visual melalui gambar tentang file konfigurasi strust-config.xml tersebut. Sebab hal ini akan lebih mudah dimengerti daripada memakai script. Berikut struts
konfigurasinya:
Yang perlu kita perhatikan adalah pada property-nya ketika kita menyeleksi sebuah Action. Dari file project yang saya buat konfigurasi untuk actionnya adalah seperti diatas. Sedangkan untuk form-bean nya adalah sebagai berikut:

Perhatikan pula propertinya ketika kita menyeleksi form-bean. Pada property lagi.Input artinya bahwa file Input.java kita simpan di package lagi, sedangkan name adalah nama dari form-bean tersebut.

Nah, jika seluruh proses yang saya contohkan sudah selesai, kita bisa menjalankan dan melihat hasilnya. Jika belum berhasil, berarti ada beberapa file yang salah atau kurang tepat. Perhatikan pesannya dan perbarui. Biasanya yang salah terletak pada konfigurasi struts-config.xml.
Didunia ini tidak ada yang tidak mungkin, apalagi kalau hanya sekedar struts sperti diatas. Jika pembaca masih bingung, coba terus dan jangan sama sekalipun menyerah. Sebab dengan begitu anda akan bisa lebih melihat dimana kesalahan anda saat membuat program dengan struts tersebut.

0 komentar: