+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

February 17, 2008

Installasi Joomla 1.5

9:15 PM

Share it Please
Sudah hampir seminggu saya bermain-main dengan CMS, Content Manajemen System. Sebuah sofware Sistem Manajemen Konten yang dapat mengelola seluruh isi dan mempublikasikan seluruh isi tersebut baik dalam bentuk aplikasi sotware maupun aplikasi web. CMS yang saya CMS yang saya utak-atik beberapa hari terakhir ini adalah CMS Joomla dan Mambo,yang kemudian saya lebih condong ke Joomla.

Awalnya saya tidak tertarik lagi dengan yang namanya CMS, sebab bahasa yang dipakai adalah PHP sedangkan saat ini yang coba saya kembangkan adalah web aplikasi dengan bahasa JSP (Javaserver Pages). Gara-gara ada project dari kantor yang mengharuskan saya untuk belajar PHP maka saya teruskan saja mengutak-atik CMS yang bahasa programnya menggunakan PHP. Yah, lumayan lah meski termasuk newbi tentang PHP, namun kalau CMS utamanya Joomla dan Mambo tidak begitu asing lagi bagi saya, sebab sekitar hampir setahun lalu saya sudah mengenalnya hanya saja kurang maksimal.

Buntut dari utak-atik CMS Mambo dan Joomla tersebut, maka terciptalah beberapa website yang saya publish diserver gratis dan lumayan keren. Website itu adalaj http://gudepcps.zzl.org, yang rencananya akan dijadikan website resmi Gugus depan Pramuka Cakra Pandu Satya (Gudep CPS) SMA N 1 Gemolong, Sragen. idak hanya itu saja,website yang beralamat di http://kirman.zzl.org, juga tercipta. Nah, kalau yang ini rencananya mau dijadikan web pribadi saya
ceritanya. Tapi saya kebingungan mau saya isi apa yah... he he he...

Bercerita tentang pengalaman saya dalam installasi CMS Joomla, prosesnya adalah sebagai berikut:
1. Install web server Xampp di windows atau Lampp di linux, misal diinstall di C:\xampp, dan pastikan bahwa installasi kita tidak gagal.
2. Untuk memastikan installasi web kita berhasil, buka browser internet den ketikkan localhost, maka akan muncul xampp pilihan bahasa dan kemudian muncul tampilan berikut:

Pastikan juga bahwa phpmyadmin anda berfungsi.
3. Download Joomla versi 1.5 di sini
4. Extract file tersebut, copy, dan paste di folder C:\xampp\htdocs serta ganti namanya menjadi "joomla".
5. Buka browser anda dan ketikkan localhost/joomla, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:

6. Pilih bahasa dan klik next secara berturut-turut.
7. Ketika sampai pada langkah ke ke-6 yaitu configuration klik install sampel data. Berikut tampilannya :

Jika installasi sudah selesai, buka kembali C:\xampp\htdocs\joomla, kemudian hapus folder installation. Ketik ulang di browser localhost/joomla dan akan terlihat tampilan sebagi berikut:

Begitu simple dan mudah, tanpa harus mengerti secara detail bahasa pemrogaramannya sehingga hemat waktu dan produktif serta stabil.

1 komentar:

Anonymous said...

sepertinya ko' mas ukir ga' punya cerita tentang diri sendiri ya?
ga' punya pacarkah?
ga' punya kenalan cewek2 yang bisa dibanggain kah?
ato g punya foto yang bisa dipajang?

hwa,,ha9x,,, bercanda kalee
btw, godluck 4u. hard to say goodbye. so, u are my friend 4ever.
Insya Alloh.

by:.....
rinoantinoda