+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

December 26, 2007

Membangun web aplikasi dengan Eclipse

6:42 PM

Share it Please
Eclipse
Akhirnya.., kumenemukanmu... (lagunnya Naff. Halah... malah nyanyi....)

Betul, akhirnya aku menemukan apa yang kucari, yaitu bagaimana caranya membuat web aplikasi berbasis pemrograman java (yang saya jalankan pake Apache Tomcat Server) dengan menggunakan IDE (Integrated Development Environtment) Eclipse. Setelah mencari kesana kesini tidak menemukan (Sebenernya udah nemu seh tutorial2nya, hanya saja waktu dipraktekkan dan dicoba ternyata masih gak bisa jalan. Udah hampir putus asa sebenarnya, bahkan udah berhenti selama beberapa hari karena udah pusing mikirin kenapa nggak bisa?. Nah, sore tadi sebelum mandi akhirnya menemukan kesalahan/kekurangan yang menyebabkan aplikai web tidak bisa jalan di server).

Seperti yang kita tahu bahwa Eclipse merupakan salah satu IDE atau alat untuk mempermudah seseorang dalam memprogram suatu bahasa pemrograman (java khususnya) agar lebih produktif. Bahasa pemrograman yang bisa diolah di IDE ini antara lain adalah html, jsp, java, C/C++, dll (dan lainnya lupa, hi hi hi...). Eclipse ini merupakan produk dari IBM (Awal kemunculannya, namun saat ini di tangani oleh Eclipse Foundation) yang gratis dan bisa hidup disemua platform seperti Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X. Dan saingan dari Eclipse ini adalah Netbeans (produk dari Sun Mycrosystem).

Sedikit cerita mengenai dua IDE ini (Eclipse dan Netbeans menurut sepengetahuan saya) hubungan keduanya kurang harmonis meski sama implementasinya (yaitu dalam pemrograman java). Hal itu terlihat dari penolakan Sun saat diundang oleh Eclipse Foundation untuk melakukan pertemuan pertemuan. (Dari namanya aja udah keliatan tuh, Eclipse=gerhana. Gerhana kan nutupi sinarnya Matahari=Sun.... Lucu lucu lucu... But that's Ok. Tapi kok malah ngelantur ceritanya kesana kesini. Ok deh, gw lanjutin).

Sekarang saya lanjutkan apa yang menyebabkan kesalahan mempraktekkan tutorial itu adalah kurang memeperhatikan file web.xml nya. Jadi intinya kalo mau buat Web Aplikasi berbasis java tuh yang mesti diperhatikan antara lain adalah servlet sama web.xmlnya. Jadi konfigurasi di web.xmlnya nama filenya harus sama dengan file *.jsp maupun *.html. Misallnya jika memakai nama index.jsp (defaultnya saat membuat web dynamic dengan Eclipse), maka file yang mau ditampilkan pada halaman pertama kali akses juga harus bernama index.jsp. Pada saat saya mempraktekkan tutorial, saya mengikuti langkah2nya serta memakai nama sesuai dengan contohnya., ya akhirnya salah. Lha wong tutorial yang dipake cetakan tahun 2004 kok, sekarang udah mau tahun 2008 ya Eclipse-nya udah ganti wajah. hi hi hi...

Saat membuka Eclipse file>new>other>web>dynamic web project>namaFile maka sistem konfigurasi defaultnya akan muncul beberapa direktori diantaranya adalah java resources, build, dan WebContent. Pada direktori WebContent inilah kita akan mengisikan aplikasi aplikasi webnya seperti nama file.html, file.jsp dsb (dan saya bingung...). Sistem wizard default juga akan memunculkan direktori META-INF dan WEB-INF. Nah didalam direktori WEB-INF inilah nama file web.xml disimpan (Pada skala yang udah besar, terdapat juga file2 seperti struts-config.xml, struts-config.xml.tld strut-logic.tld, validation.xml dll). Ketika kita ingin menjalankan web aplikasi yang sudah kita buat entah itu berekstensi *.html maupun *.jsp, maka nama file harus sama konfigurasinya dengan yang ada di web.xml, misalnya index.jsp. Dengan demikian kita akan dapat melihat tampilan awal saat kita menjalankan run as server di Eclipse.

Tampilan awalnya sudah, sekarang tinggal ngisi logic logicnya.. Now going on to the next step after it. To be continued... (Halah kayak film aja toh...)

May be in the next lesson the topics which have relation with this topic is JSTL and servlet programming. Wait for that's coming....




1 komentar:

Mandriva said...

Man, tutorial enclipse gawe GWT ne endi.. Mengko tak omongke pak Suryo opo Pak ketut lhoo..