+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

January 12, 2008

Menampilkan Database MySQL dengan Java

10:38 AM

Share it Please

Ada perasaan senang dan bangga ketika program yang saya pelajari ternyata berhasil. Dan yang lebih membuat saya senang lagi kalo saya bisa menyalurkan apa yang saya tahu ini ke orang lain. Nah, ketika java sudah bisa terkoneksi dengan database MySQL, selanjutnya adalah cara menampilkan data tersebut. Sekedar untuk diketahui bahwa saya mempraktekkan pemrograman ini dari sebuah buku Dasar Pemrograman Java 2 karangan Abdul Kadir yang diterbitkan oleh Andi Publisher, bedanya kalau saya menggunakan tool editor berupa Eclipse, sedangkan dalam tutorial dibuku masih menggunakan editor notepate dan eksekusi dengan console/command prompt. Lantas bagaimana caranya?

Membuat database.
1. Masuk ke MySQL server, saya menggunakan user "java", dan password "java".
2. Buat database dengan nama infonegara, dan gunakan database tersebut (use infonegara).
3. Buat tabel baru dengan nama benua, misal :
CREATE TABLE benua (id_ben CHAR NOT NULL PRIMARY KEY, Nama VARCHAR (9));

4. Buat tabel algi dengan nama negara, misal :
CREATE TABLE NEGARA (id_neg SMALLINT NOT NULL PRIMARY KEY, nama VARCHAR(20),Ibukota VARCHAR (20), Penduduk TEXT, id_ben CHAR);

5. Isikan data benua ke tabel benua, misal :
INSERT INTO benua VALUES ('1','Asia');INSERT INTO benua VALUES ('2','Australia'); dan seterusnya sampai 5 benua kalau data saya.

6.Isikan data pada negara, misal:
INSERT INTO negara VALUES (1,'Indonesia','Jakarta','228467789','Indonesia adalah negara Republik yang kaya akan budaya dan tradisi','1');
Selanjutnya, silahkan isi sendiri data negara tersebut sesuai keinginan kita. Pada data saya hanya menuliskan 3 data negara saja. Berikut data tertulis pada MySQL server tampak seperti berikut:

Menampilkan database.
1. Seperti contoh tutorial koneksi sebelumnya setelah driver connector MySQL dipasang, selanjutnya buat file class java baru pada project java, misal File > New > class > (buat nama file-nya).
2. Tuliskan kode berikut. Perlu diketahui pula bahwa saya menggunakan user "java" pada MySQL dan password "java".

package kirman.latihan.java;
import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.ResultSet;
import java.sql.Statement;

public class tesDB {
public static void main (String[]args) {
try {
Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver");
} catch (Exception ex) {
System.err.println("Error (1): "+ex);
System.exit(1);
}
//Bentuk Koneksi
Connection koneksi=null;
try {
koneksi =DriverManager.getConnection("jdbc:mysql://localhost/infonegara","java","java");
System.out.println("Koneksi berhasil boss...");
} catch (Exception ex) {
System.out.println("Error (2): "+ex);
System.exit(1);
}
ResultSet hasilQuery=null;
try{
Statement stm=koneksi.createStatement();
hasilQuery=stm.executeQuery("SELECT id_neg,nama from negara");
}
catch (Exception ex){
System.err.println("Error(3):"+ex);
System.exit(1);
}
try {
while (hasilQuery.next()){
int id_neg=hasilQuery.getInt("id_neg");
String nama_negara=hasilQuery.getString("nama");
System.out.println(id_neg+" "+nama_negara);
}
}
catch (Exception ex){
System.err.println("Error (4):"+ex);
System.exit(1);
}
}
}

3. Jalankan program, dan jika berhasil maka akan menampilkan 3 data negara pada console, yaitu Indonesia, Amerika dan Australia. Berikut screenshoot console hasil di Eclipse IDE :

Sekali lagi percayalah bahwa kita bisa melakukannya, sebab orang lain pun bisa maka kita juga harus bisa. Good luck and dont ever give up until get what your desire.

5 komentar:

Anonymous said...

salam knal mas kirman..
saya mw tanya nih..
untuk membuat aplikasi gui
saya kan udah punya sourcenya dan aplikasi berjalan namun blom ada databasenya..
ketika saya mau buat databasenya apa yang saya dahulukan
membuat databasenya dlo ato dan memasukkan source ato langsung ajah masukin database ke dalam source??

klo ada ym saya minta donk..
saya mw tanya2 tentang eclipse..
sekalian gimana caranya untuk visual editor agar kita bisa drag n drop komponen gui di eclipse..
soalnya saya ngrasa..
swt belum terpasang di eclipse saya...
trims..

Anonymous said...

balaz ke email saya yah..
ritz_redapple@ymail.com

Anonymous said...

salam kenal mas
saya mo nanya gimana cara koneksi
java ke ms acces dengan 4tabel dalam database.
terima kasih

SHARE Info .... said...

thx mas,,infonya....

http://career.gunadarma.ac.id

Kiguruklaten said...

Saya praktikan ini berhasil mas, makasih banget..
mohon petunjuk, bagaimana kalau tampilannya dibuat model tabel..
Trimakasih..