+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

January 12, 2008

Koneksi Java ke MySQL

7:41 AM

Share it Please
Bahasan selanjutnya yaitu saya akan mencoba bermain-main dengan database yang terkoneksi dengan java. Sementara database yang saya pakai adalah MySQL, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya database yang saya pakai nanti adalah Oracle. Sebab antara MySQL dan Oracle bahasanya tidak jauh berbeda, sebab bahasanya standart query.

Tulisan ini ditujukan bagi seseorang yang sudah mempunyai database di MySQL dan tinggal membuat koneksi dengan java-nya. Saya menggunakan MySQL versi 5.0 dan tool editor java berupa Eclipse. Bagaimana cara memulainya?

Install Driver Connector MySQL
1. Buat database jika belum memiliki, sebagai contoh saya adalah database tentang infonegara di MySQL.
2. Download driver MySQL connector dan kemudian extract format .zip tersebut.
3. Cari file bernama mysql-connector-java-5.0.8-bin.jar. Versi conector java bisa berbagai macam versi, sedang yang saya memakai adalah versi 5.0.
4. Copy file tersebut kedalam lib direktori project web application.
5. Buat project java baru dan edit build path-nya. Misalnya File>new>java project.
6. Setelah terbentuk project file baru, perluas project tersebut dan klik kanan pada JRE Syetem Library.
7. Pilih bulid path > configure bild path. Contoh screenshoot nya adalah demikian:

8. Klik Add JARs > dan cari file mysql-connector-java-5.0.8-bin.jar > klik OK. Dengan demikian driver koneksi sudah di install pada project java.

Setelah itu kita coba driver tersebut apakah berhasil atau tidak. Untuk itu buat file java class baru dengan Eclipse.
1. File > new > class > nama project (misal teskoneksi)
2. Masukkan kode program berikut. Sebelumnya perlu diketahui bahwa database yang saya pakai bernama "infonegara",dengan nama user di MySQL "java" dan password "java" dan localhost : 8080. Sehingga kode contohnya sebagai berikut.

package tutorial.blog.database;
import java.sql.Connection;import java.sql.DriverManager;

public class tes {
public static void main (String[]args) {
try {
Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver");
}
catch (Exception ex) {
System.err.println("Error (1): "+ex); System.exit(1);
}

//Bentuk Koneksi

Connection koneksi=null;
try {
koneksi =DriverManager.getConnection ("jdbc:mysql://localhost/infonegara","java","java");

System.out.println("Koneksi berhasil boss...");
}

catch (Exception ex) {
System.out.println("Error (2): "+ex);
System.exit(1);
}
}
}


3. Jalankan program, dan jika berhasil koneksi dengan database MySQL maka akan terlihat tulisan "Koneksi berhasil boss...". Jika belum berhasil, coba cek apa dan dimana kesalahannya. Sebab kode diatas sudah teruji dan berhasil.
4. Jangan pernah menyerah untuk tetap mencoba. Sebab ada sebuah kata motivasi bahwa, "Kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak?" Percayalah bahwa kita bisa melakukan hal tersebut.

2 komentar:

Anonymous said...

salam
mas, saya agus. saya mahasiswa yang sedang belajar pemrograman database dengan java dan mysql. cuma tool editor yang saya gunakan pake netbeans. kira-kira mas bisa beri gambarannya kalo kita mau bikin aplikasi database dengan java dan mysql pake IDE Netbeans?
Trima kasih

kirman said...

Halo, mas Agus.

Secara prinsip koneksi Java dg MySQL adalah sama, baik menggunakan Eclipse maupun Netbeans. IDE2 tersebut hanyalah alat agar kita lebih produktif.

Gambarannya mungkin adalah demikian, masukkan driver mysql connector kita ke IDE -> coba script yg saya posting diatas. Tentu saja dg memperhatikan user & password MySQL-nya.

Semoga berhasil mas. :)