+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

June 04, 2008

Setting Password PHPMyAdmin

8:20 PM

Share it Please
Jika kita menginstall Xampp for windows baik ter-include MySQL ataupun terpisah (dengan password), saat kita buka PHPMyAdmin melalui browser maka secara otomatis akan terbuka dan database akan terlihat. Dengan demikian kita maupun orang lain yang membuka akan bebas melihat dan memanipulasi database kita lantaran security-nya tidak terjaga.

Ini mungkin cukup aman meskipun kita tidak memberi password (mengunci) pada PHPMyAdmin jika hanya untuk sekedar belajar dil ocalhost. Akan tetapi hal ini tidak disarankan jika kita menyetting-nya sebagai server intranet, lebih-lebih internet. Sebab jika demikian maka server kita akan diacak-acak yang menyebabkan sistem web servis kita tidak jalan sesuai dengan kehendak kita.

Secara default bila kita menginstall xampp for windows dan meng-include kan MySQL, maka root password di MySQL kita belum ada passwordnya. Tidak hanya itu saja, PHPMyAdmin kita pun juga belum ada passwordnya. Nah, bagaimana untuk menyetting agar MySQL root beserta PHPMyAdmin kita punya password ?

Ada sebuah file yang harus kita ubah sedikit agar PHPMyAdmin kita memiliki password. Namun sebelum itu, berikanlah password pada root agar lebih aman dengan cara masuk ke PHPMyAdmin. Setelah itu, buka file bernama "config.inc" di folder \phpmyadmin . Setelah itu, ubah settingan pada file tersebut dengan menambahkan "http" menjadi sebagai berikut. Isikan nama user dan password. Dalam hal ini saya memberikan nama user sebagai root dan password root.

$cfg['Servers'][$i]['auth_type'] = 'http'; // Authentication method (valid choices: config, http, HTTP, signon or cookie)
$cfg['Servers'][$i]['user'] = 'root'; // MySQL user
$cfg['Servers'][$i]['password'] = 'root'; // MySQL password


Dengan demikian saat kita buka browser kemudian membuka PHPMyAdmin maka kita akan ditanya password dan nama user. Dengan demikian server apache kita sudah cukup aman. Kecuali jika ada orang yang tahu, maka tidak jadi aman deh. he he he he ;)

5 komentar:

ipul said...

artikel blognya bagus bisa jadi masukan bagi saya yang selama ini menggunakan database oracle, saya mau
tanya form oracle 10g itu apa sih, tolong dong di tulis tentang itu artikelnya.

Anonymous said...

wah gak bisa tuh..

feitan said...

Wah. keren ni, bwt saya yang suka membuat website.. :D
Thx info'a........

Ivan Jaya said...

Ini yang saya cari. Sudah dicoba dan berhasil. Thanks sob.

waralaba atau usaha sendiri said...

thanks infonya gan