+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

June 03, 2008

Mengganti Port Servis Apache

9:22 PM

Share it Please
Beberapa hari kemarin senior saya, mas Choy sedang ingin belajar CMS (Content Manajemen System) Joomla. Untuk menjalankan CMS tersebut dibutuhkan sebuah web server untuk PHP dan database MySQL, lalu saya merekomendasikan untuk menggunakan Xampp. Sebab dengan xampp semua yang diperlukan untuk menjalankan CMS mulai dari Apache web server, PHP, dan MySQL bisa tercover didalamnya.

Pada saat itu saya coba memberikan apa yang sedikit saya punya. Saya memberikan petunjuk untuk menginstall xampp tersebut, namun ketika instalasi sudah selasai ternyata Apache web service-nya belum mau running. Dalam pesan error tersebut disebutkan bahwa port 80 sudah terpakai oleh proxy.

Secara default, xampp yang kita install akan menggunakan port 80 sebagai jalan untuk servis Apache. Sehingga jika port tersebut sudah dipakai oleh proxy maka mau tidak mau kita harus mengganti salah satunya. Nah, dalam kasus yang dihadapi kemarin saya menganjurkan untuk mengganti port yang dimiliki oleh xampp (Apache). Bagaimana cara menggantinya ?

Tidak susah mengganti service dari port default (80) ke port 8888 (port berapa pun bisa asal belum terpakai). Yang perlu dirubah adalah file httpd.conf yang terletak di folder \apache\conf . Dalam file tersebut terdapat isi bernama Listen 80 dan ServerName localhost:80 . Ubah konfigurasinya menjadi Listen 8888 dan ServerName localhost:8888 (Atau port berapa pun yang belum terpakai.)

Jika sudah, restart service Apache dan MySQL dari control panel xampp. Setelah itu buka browser dan jalankan http://localhost:8888 . Dengan demikian port yang kita pakai tetap aman dan tidak bertabrakan, sehingga semua servis berjalan dengan beriringan secara damai :)

1 komentar:

Anonymous said...

thanks atas infonya, barusan ini saya install xampp di notebook temen, eh kok apachenya gak jalan ternyata port 80 nya dipake :((
Saya coba dolo info yang mas berikan ya....

Salam
Iskandar