+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

May 14, 2008

Jigloo, SWT Plugins for Eclipse

9:42 PM

Share it Please
Selama ini saya belajar Java dengan Eclipse IDE selalu mengutak-atik untuk web aplikasi. Sedangkan untuk desktop aplikasi masih sangat jarang, bahkan belum pernah sama sekali membuat desktop aplikasi dengan bahasa pemrograman Java. Kalau pun pernah, itu pun bukan dengan IDE Eclipse, akan tetapi dengan Netbeans.

Awalnya saya belajar SWT (Standard Widget Toolkit) untuk membuat dektop aplikasi dengan cara mengetik kode Java satu persatu di Eclipse. Wah, gimana mau produktif neh kalau begini caranya :( , akhirnya saya muter-muter sambil bertanya sana-sini didunia maya barangkali ada yang tahu tentang hal itu. Nah akhirnya, di milist komunitas Java under Linux (JLinux) akhirnya saya mendapat jawaban yang sangat mantabs, yaitu Jigloo. Kalo tidak salah yang ngasih tahu dulu itu mas Noor. (Terimakasih yah mas Noor, akan saya coba dulu).

Jigloo merupakan GUI builder plugins di Eclipse guna membangun desktop aplikasi. Dengan Jigloo GUI builder ini, kita bisa drag & drop seperti di Netbeans kemudian meng-kodingnya. Bahkan Jigloo bisa melakukan lebih dibanding Netbeans, yaitu SWT, AWT dan Swing. Sedangkan Netbeans hanya berbasis Swing (dan AWT, kalau tidak salah). Namun bukan berarti Netbenas tidak lebih baik dari Eclipse, sebab semua IDE memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk keduanya.

Ada dua cara memasang plugins Jigloo ini, yang pertama adalah jika kita terhubung ke internet :
1. Jika kita terhubung ke internet, buka Eclipse -> Help -> Software Updates -> Find and Install -> dan klik Next


2. Pilih New Remote Site -> Masukkan keterangan dan update (Name : Jigloo, URL : http://cloudgarden1.com/update-site) -> klik Ok + Finish.


3. Check Jigloo -> Centang accept agreement -> Next -> Finish -> Install All, tunggu hingga proses berjalan selesai. Setelah proses selesai, Eclipse akan meminta kita untuk restart.


Dan cara yang kedua adalah apabila kita tidak terhubung ke internet :
1. Download file disini.
2. Extract file hasil download (ada dua folder, yaitu features dan plugins)
3. Buka kedua folder diatas, Copy-kan di folder yang sama dengan Eclipse.

Untuk mulai menggunakan Jigloo GUI Builder, buat sebuah project dan buat file baru File -> New -> Other -> GUI Forms -> Pilih sesuai yang ingin kita buat. Misalnya SWT -> SWT Composite. Jika berhasil kita akan melihat tampilan sebagai berikut:


Perlu diketahui bahwa Jigloo merupakan plugins gratis untuk tujuan penggunaan non-comercial, akan tetapi jika digunakan untuk tujuan comercial, Jigloo meminta untuk membeli Lisensi Profesional (Setelah evaluasi).

1 komentar:

Anonymous said...

sayang, JIGLO berbayar yach. dulu juga gua pake JIGLO, tapi menurut gua sih mending pake WIndowBuilder. sama juga sich berbayar, tapi WindowBuilder itu menurut gua plugin Eclipse yang paling TOP kalo buat Design GUI Interface :)