+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

June 07, 2008

Uninstall Oracle 10g di Windows XP

12:08 PM

Share it Please
Oracle merupakan perangkat lunak basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).

Beberapa kali saya belajar menginstall Oracle di sistem operasi Windows XP professional. Meski hanya tinggal klik sana - klik sini namun rupanya belum berhasil juga menginstall-nya. Kegagalan tersebut disebabkan oleh software saya yang sudah rusak mungkin, sebab saya menggunakan software kantor yaitu Oracle 9i. Hal ini saya ketahui dari proses instalasinya yang cukup lama dan sepertinya tidak jalan prosesnya sehingga harus saya hentikan karena tidak mau menunggu lama.

Kemudian saya belajar Oracle 10g XE (Express Edition) dengan membeli bukunya di Gramedia Surabaya sekitar bulan Februari lalu. Everything is ok, semuanya berjalan semudah membaca bukunya. Namun saya tidak puas dengan yang ada di buku tersebut, sebab Orcale yang dipakai adalah Oracle 10g Express Edition yang notabene ada beberapa tools yang tidak diikutkan seperti di Oracle 10g. Oleh sebab itulah saya berkeinginan untuk pindah ke Oracle 10g, dan akhirnya kesampaian.

Rupanya proses install Oracle 10g saya belum berhasil, karena kurang begitu tahu mana yang harus di centang atau diinclude-kan dalam instalasi tersebut. Kemudian membaca tutorial diinternet, namun rupanya ada yang masih kurang sehingga waktu Oracle-nya dijalankan ternyata belum bisa. Karena tidak jalan itulah saya install ulang, namun installasi yang lama harus saya bersihkan agar tidak terjadi konflik saat instalasi software yang baru. Beginilah cara uninstall software Oracle 10g yang saya lakukan.

1. Uninstall software Oracle 10g lewat Control panel : Control panel -> Add/Or Remove Program -> Remove Oracle 10g

2. Matikan servis Oracle 10g : Run -> services.msc -> Matikan seluruh servise Oracle 10g

3. Hapus seluruh registry di regedit : Run -> regedit -> Hapus file berikut:

- HKEY_CURRENT_USER\Software\Oracle
- HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM\CurrentControlSet \ Services \ OracleDBConsoleorcl
- HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ OracleJobSchedulerORCL
- HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ OracleOraDb10g_home1iSQL*Plus
- HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ OracleOraDb10g_home1SNMPPeerEncapsulator
- HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ OracleOraDb10g_home1SNMPPeerMasterAgent
- HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ OracleOraDb10g_home1TNSListener
- HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ OracleServiceORCL


4. Restart komputer.

5. Hapus File dan directory Oracle 10g tempat instalasi Oracle.

6. Tidak lupa file yang ada di direktori C:\Program Files\Oracle juga perlu dihapus loh :)

Dengan demikian, kita bisa menginstall Oracle yang baru. Akhirnya saya bisa mulai belajar Oracle dengan panduan buku dari Oracle University, namun pake bahasa Inggris. Tapi saya yakin bahwa saya bisa, Amin. Semoga saja :)

1 komentar:

Anonymous said...

wah bahasannya bagus buanget.., tapi aku ra mudeng pak..., he he




*boz, ikut pasang banner SRAGEN BLOGGER ya http://s263.photobucket.com/albums/ii151/koetoeandjink/?action=view¤t=sragenblogger2.gif