+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

January 04, 2008

Custom Tag dengan IDE Eclipse

7:01 AM

Share it Please
Salah satu keunggulan JSP dari pemrograman web lainnya adalah tersedianya custom tag. Custom tag ini merupakan sebuah action tag yang didefinisikan oleh user melalui fasilitas ekstensi JSP. Tag ini juga dapat digunakan untuk menggerakkan logika karangan halaman JSP dan informasi ke dalam tag kelas java. Nah jika kita telah tahu minimal bahasa tag HTML atau tag-tag bahasa pemrograman web yang lain, mungkin kita tidak akan kesulitan mempelajari custom tag ini. Sebab ternyata memuat custom tag itu mudah. (Asal dengan satu syarat, sabar, tekun dan teliti. Soalnya gw udah ngalami seh.. he.. he...).

Sebenarnya sudah banyak custom tag yang dibuat sehingga membentuk sebuah library, sebagai contoh adalah custom tag yang dibuat oleh Jakarta project. (Bukan kota Jakarta lho ye...). Custom tag ini sudah banyak digunakan, karena sifatnya yang open source. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat menemukan custom tag library ini di http://jsptags.com, http://jspin.com/. (Tapi saya belum mencoba nyari yang di dua site terakhir ini. Sebab yang dari Jakarta Apache udah nangani semua. Tar aja kali ye, kalo ada waktu lagi.. hi.. hi.. Tutorialnya juga banyak disitu, kalo pening yang lebih lengkap + males baca tutorial gw yang ngebosenin kalee....).

(Udah ah, jangan lama-lama lagi buat custom tag dengan Eclipse-nya. Ocee bosss...)
Nah, bagaimana kita akan memulai membuat custom tag dengan bantuan IDE Eclipse tersebut? Begini neh ceritanya. (Pake nomer aja yah, biar lebih terarah..)
1. File > New > Other > Web > Dynamic web project > Beri nama project > Finish. Contoh gambarnya kayak gini neh :



2. Buat file index.jsp agar tidak terjadi error saat pertama kali project di load. Caranya, klik kanan pada nama project > new > JSP > index.jsp (misal namanya index.jsp). Kenapa harus index.jsp? Sebenarnya kita bisa memberikan nama apa saja, hanya saja kita harus merubah file web.xml yang disediakan oleh sistem wizard agar tidak error ketika file dijalankan. Dan sistem wizard tersebut menyediakan welcome file pada web.xml dengan nama index.jsp, index.html,dll.

3. Buat kelas java baru dengan nama hello. Pada contoh kali ini saya menggunakan package yang saya simpan di com.blogspot.kirmanan. Sehingga script java-nya seperti berikut :



4. Buat file baru dengan nama simple.tld pada direktori WEB-INF. Edit listing tersebut sehingga menjadi seperti berikut:


5. Edit file index.jsp dan tambahkan script :?>?>?>

Jika telah berhasil, maka kita akan melihat tulisan Hasil : Hello, Sukirman!

0 komentar: