+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

January 23, 2008

Memasang (Install) Plugin Easy Struts di Eclipse

6:44 AM

Share it Please
Ingin belajar framework struts dari http://jakarta.apache.org/ dengan IDE Eclipse saja kok repot. Harusnya kalo dengan adanya tool IDE kan pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan produktif. Eh, ternyata yang terjadi sama say adalah sebaliknya. Kok bisa repot, apanya yang repot?

Begini neh, saya kan memakai IDE Eclipse yang standard JEE (Java Enterprise Edition) dari download di http://www.eclipse.org/ Sedangkan kalau ingin ada tool tambahan seperti struts kan harus dipasang dulu plugin untuk itu. Nah, hanya sekedar memasng plugin easystruts saja, saya tidak bisa. Padahal seluruh tutorial dan cara memasang plugin easy struts sudah saya ikuti langkah langkahnya. Hah, baru tadi malem akhirnya saya bisa menemukannya. Memangnya seperti apa seh caranya?

Secara garis besar begini neh caranya:
1. Prasyarat, PC harus terkoneksi dengan internet. Meski ada juga seh, cara yang tanpa harus tersambung dengan internet. Tapi yang saya gunakan tadi malam itu tersambung dengan internet.
2. Pada toolbar klik Help > Software Updates > Find and Install.
3. Setelah itu muncul dua opsi, saya memilih Search for new features to install > Next > New Remote Site.
4. Maka akan muncul tampilan seperti berikut, dan saya isikan name dan url-nya. Untuk name saya isi dengan easy struts dan url: http://easystruts.sourceforge.net/eclipse/updates/site.xml.
5. Setelah itu saya ikuti perintah dan petunjuk sistem wizardnya > kemudian ada perintah untuk me-restart Eclipse.

Ah, begitu saja kok susahnya minta ampun. Tapi ternyata setelah menemukan apa yang saya cari cukup melegakan dan sangat memuaskan sekali. He he....
Selanjutnya, tinggal menggunakan IDE Eclispe tersebut untuk meningkatkan ilmu. Kalau pun tidak ada yang membantu, kan bisa tanya di internet.

Ok, boy...Keep on moving...
he he he....

0 komentar: