+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

January 27, 2008

StrutsIDE Eclipse

7:43 AM

Share it Please
Setelah berpetualang dengan Easy struts, sedikit banyak saya rasakan kebingungan dan ketidaktahuan bagaimana menggunakan IDE (Integrated Development Environtment) tersebut. Terutama ketika saya mencoba menampilkannya di perspektif IDE Eclipse. Ketika saya ikuti perintah-perintah yang ada di tutorialnya, ternyata ada pesan error seperti ini "Unable to create the selected preference page.org/eclipse/jdt/internal/ui/util/TabFolderLayout". Akhirnya saya cari penyebabnya apa melalui browsing sampai akhirnya ketemu. Pesan tersebut muncul ternyata untuk Eclipse 3.XX tidak mendukung lagi dengan easy struts (sejauh saya browsing seh, ndak tahu bener apa ndak...).

Untuk itu saya putuskan mencari Struts IDE plugin Eclipse yang lain sampai akhirnya menemukan StrutsIDE. Plugin ini bisa di download disini. Mengenai tutorial dan kelebihan dan kekurangan StrutsIDE ini juga dijelaskan disini, namun tidak full. Selanjutnya terserah pengembang sendiri.

Sedikit yang saya ketahui dari keterangan yang diberikan mengenai feature feature-nya adalah sebagai berikut :
1. Add Struts mendukung untuk Java Enterprise Edition atau Web Application project.
2. Terdapat editing struts-config.xml secara visual.
3. Sistem wizard untuk menciaptakan Action, ActionForm, dan JSP files.
4. Preview JSP file termasuk struts taglib.
5. Keterangan lain bisa dibaca disini.

Cara memasang plugin di Eclipse pun tidak begitu berbeda dengan cara memasang plugin Easy Struts, serta tidak perlu tersambung dengan internet. Saya sebenarnya sudah memasang plugin struts Eclipse menggunakan MyEclipse IDE. Akan tetapi ini tidak gratis, dan harus membayar. Saya pun sempat mencoba versi trialnya meski akhirnya di uninstall dengan alasan tidak bisa dipakai selamanya dan hanya 30 hari saja, kecuali kalau punya crack-nya.

Nah untuk memasang StrutsIDE ini cukup mudah.
1. Download plugin Eclipse StrutsIDE dari Amateras project disini (Cari yang bernama StrutsIDE, sebab disitu banyak sekali plugin-plugin Eclipse).
2. Extract file tersebut dan cari file "tk.eclipse.plugin.struts_2.0.3". (Misalnya struts 2.0.3).
3. Copy file "tk.eclipse.plugin.struts_2.0.3" tersebut seperti ini strukturnya ... Home Eclipse install\plugins\tk.eclipse.plugin.struts_2.0.3.
4. Tutup Eclipse-nya jika sudah terbuka, kemudian start ulang.
5. Untuk mengetahu hasil install tadi, buka Window > Customize Perspective > Amateras > Struts.
6. Jika muncul beberapa keterangan mengenai StrutsIDE sperti gambar berikut, berarti StrutsIDE telah terpasang di Eclipse.
Senangnya bisa menemukan Struts plugin untuk Eclipse IDE secara gratis alias free. Selanjutnya, tinggal mempelajari dan mengembangkannya. Semoga bisa segera memahaminya ya... he he he....

Saya cukup terkesan dengan kata seseorang yang dituliskan dalam tutorialnya. Beliau mengatakan bahwa untuk mencapai pemahaman, ada harga yang harus dibayar. Harga itu tidak murah, karena harga itu adalah "bingung dan mumet mumet ria". Seperti perbibahasa yang mengatakan "Berakit-rakit kehulu, berenang-renang keteipan. Brsakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian".

0 komentar: