+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

March 08, 2008

Membakar Bootable CD Linux

7:21 PM

Share it Please
Sudah berapa hari ya saya bermain-main dengan linux? Hmmmm... kalau tidak salah hampir semingguan kali lah ya mungkin. Tidak terasa yah, rupanya sudah hampir seminggu saya bermain-main dengan open source operating system linux, tepatnya seh OpenSuse 10.3.

Sebelum pilihan saya jatuh ke OpenSuse, saya sempat disarankan oleh senior saya untuk memakai Ubuntu Linux, karena dia adalah salah satu pemakainya. Ini berawal ketika saya bertanya dalam forum keluarga besar D3 Teknik Elektro. Saya meminta bantuan ke forum itu untuk mengajari saya belajar Redhat Linux, eh ternyata saya disarankan untuk belajar Ubuntu. Kenapa tidak dicoba saja (pikir saya), kan tidak ada salahnya juga. Kalau tidak suka kan bisa beralih ke yang lain, he he...

Saya coba saja Ubuntu linux itu. Awalnya saya bingung, bagaimana seh ini kok CD yang saya bakar dari hasil download kok tidak bisa autobooting di komputer? Lalu saya tanya senior saya, eh ternyata salah cara membakar saya. Harusnya bukan dibakar sebagai file data, namun dibakar sebagai image. Bagaimana caranya, berikut caranya:

Saya memakai Nero 6.0 bawaan dari CD/DVD writer saya, kira-kira seperti ini.
1. Setelah download file linux dengan ekstensi .iso, masukkan CD blank ke CD ROM writer.

2. Ketika muncul wizard system dari Nero untuk creating new file pilih copy & backup.
3. Pilih burn image to disk, dan cari file linux .iso tadi untuk kemudian dibakar.
4. Pilih speed bakaran, dan tunggu hingga proses burning selesai.

Dengan begitu linux .iso yang sudah kita download maka akan bootable saat kita masukkan ke CD Rom. Akhirnya jadilah saya memakai ubuntu linux. He he he... Selamat boy, selamat yah....

3 komentar:

Unknown said...

hmmmmm...mas nyedot file iso nya dimana?

kirman said...

@mas Supardi
Banyak sekali mas tempatnya, misal :

http://download.opensuse-id.org/
http://software.opensuse.org/

Information Technology Blog said...

Nice info...
thanks mas atas infonya..
salam Open Source..:D