+44(0) 1234 567 890 info@domainname.com

January 31, 2008

Struts Console

9:56 AM

Share it Please
Sudah hampir dua hari lebih saya berkutat dengan Struts framework. Tapi juga belum tahu dan mengerti konsep dari Struts tersebut. Pada saat mengikuti step by step apa yang dituntunkan e-book Jakarta-Struts Live dari http://www.theserverside.com/, Pasti selalu ada error. Kenapa yah? (Mungkin kurang teliti kalee, jalan yang loe ikuti....) Iya kali ye....

Akhirnya saya ulangi membaca e-book tersebut secara teliti.

Sebenarnya saya ogah-ogahan membaca semua kata demi kata, kalimat demi kalimat dari e-book itu. Sebab semuanya tidak jauh beda dari tutorial-tutorial yang sudah pernah saya baca sebelumnya, akhirnya saya membaca sekilas sekilas saja. Dan hasilnya error dan error terus terjadi, bahkan aplikasi web yang sudah terbentuk akhirnya saya delete dan membuatnya dari awal lagi. Kira-kira sudah berapa kali ya saya menghapus dan mengulangi belajar strust dari awal. Wah, mungkin sepuluh jari saya sudah tidak cukup untuk menghitung kali ya, saking banyaknya. Ah, tapi itu semua tidak penting.

Terakhir, saya membaca ulang lagi e-book Jakarta-struts Live kata demi kata, kalimat demi kalimat sampai akhirnya saya menemukan Struts Console.

Struts Console adalah Aplikasi Swing Java yang berdiri sendiri dan digunakan untuk mengembangkan dan mengatur aplikasi yang berbasis struts. Dengan Struts Console kita bisa secara visual meng-edit dan mengetahui kesalahan pada Tag JSP , Struts, Tiles dan file Configurasi Validator.

Karena saya menggunakan IDE Eclipse, berikut saya kasih tahu cara memasang plugin Struts Console tersebut di Eclipse. (Saya menggunakan Eclipse 3.3.1.1).
1. Download Struts Console disini. (versi 4.8)
2. Extract file .zip tersebut, kemudian cari file bernama "com.jamesholmes.console.struts".
3. Pasang file "com.jamesholmes.console.struts" tersebut ke : ... Home Eclipse\plugins.
4. Start ulang IDE Eclipse, maka Struts Console akan bisa digunakan.
5. Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup klik kanan salah satu file yang akan di cek, kemudian pilih Open With > Struts Console.
6. Misalnya saya membuka salah stu file bernama "struts-config.xml". Ketika terjadi kesalahan, maka Struts Console akan menunjukkan dimana letak kesalahan dari file tersebut. Screenshoot strut console.
Namun sebenarnya, XML Editor bawaan dari Eclipse IDE for Java EE Developers sudah menyediakan tool untuk mengetahui dimana letak kesalahan file tersebut. Hanya saja penunjukan kesalahan tersebut bisa terlihat manakala kita membuka file tersebut. Sedangkan dengan Struts Console, kita tidak perlu membuka keseluruhan file tersebut.

0 komentar: